Selasa, 13 Desember 2016

Apa yang akan terjadi apabila Ujian Nasional dihapuskan

Sebanyak 66 persen Zetizen setuju jika UN dihapus di tahun 2017. Nah, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan udah merencanakan penggantinya. Jika disetujui, menurut Mendikbud Muhadjir Effendy, Ujian Nasional akan berganti menjadi Ujian Sekolah Bestandar Nasional (USBN) (1). Hmm, apa kata Zetizen?

Apa kamu setuju kalau UN dihapus?

66% bilang setuju
34% nggak setuju

 

Kenapa setuju?(3 tertinggi)

Biar UN nggak jadi penentu kelulusan 47 %
Biar nggak ada kecurangan 21 %
Menghemat dana pendidikan 14 %
"Setuju sih. Jadi, nanti kita akan lebih fokus mencari beasiswa dan peluang untuk masuk perguruan tinggi maupun persiapan SNPTN dan SBMPTN," Asfiyah Radhya, SMAN 4 Pontianak

"Setuju biar nilai bisa setara dengan apa yang siswa lakukan," Ismail Rachman, SMK YAPIS Timika


Kenapa nggak setuju?(3 tertinggi)

Standar pendidikan se-Indonesia jadi nggak merata 40 %
Ntar jadi males belajar 20 %
UN memudahkan masuk SMP/SMA 18 %
"Dengan dicanangkannya USBN, menurut aku itu malah nggak bisa untuk dijadikan penilaian standar pendidikan Indonesia. Karena, takutnya malah tiap sekolah pasti meninggikan nilai siswanya. So,mending UN aja sih," - Rafa Aisyah, SMAN 1 Surabaya

"Belajar rasanya jadi nggak gereget lagi," - Fayazha Amila, SMPN 6 Batam



Lalu, apa aja ya yang akan terjadi kalau UN benar dihapuskan? Let’s scroll!


Nggak ada broadcast bocoran

Wah, momen ini emang paling menghebohkan menjelang UN. Biasanya ada aja di antara teman-teman kamu yang ngajakin bagi-bagi kunci jawaban UN tipe 1 hingga tipe 20. Ckckck. Hebat banget kan bisa tahu jawaban sebelum soal dibagikan. Nah, soal USBN juga bukan pilihan ganda aja. Rencananya, ada soal dengan jawaban berbentuk esai juga. (1) "Pilihan ganda hanya menyentuh level ketiga pemikiran siswa. Untuk melatih berpikir kreatif ini tidak cukup. Esai bisa menggali kemampuan siswa dalam critical thinking," ungkap Muhadjir dilansir dari Jawa Pos(1).

Rajin belajar nggak pas kelas 3 aja

Pengganti UN ini sifatnya jadi evaluasi akhir belajar bukan penentu hasil belajar. Katanya nih, ujian akan dilakukan di semua mata pelajaran. So, kalau nggak ada UN, jangan tambah santai-santai ya. Soalnya, setiap tugas kamu juga bakal dijadikan pertimbangan kemampuan kamu. 

Potensi individu kamu lebih dihargai

Memang nilai UN itu digunakan sebagai syarat kelulusan dan juga tiket masuk ke jenjang pendidikan berikutnya. Di tahun 2017 nanti, meski belum pasti USBN akan jadi penentu kelulusan apa nggak, tapi kelulusan ditentukan oleh sekolah masing-masing dengan standar nasional (1). Sementara buat ke jenjang selanjutnya, pihak sekolah/perguruan tinggi punya standar masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar